Friday, 01 Mar 2024
  • Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas

Diploma Atau Sarjana, Mana Yang Lebih Bagus Ya ?

Bekasi (18/01/2024)- Beberapa diantara Sahabat Thariq mungkin masih bingung untuk memilih program diploma atau sarjana untuk melanjutkan pendidikan. Kedua program ini memang menawarkan konsep yang berbeda.

Secara umum diploma atau yang lebih dikenal dengan vokasi adalah salah satu jenjang pendidikan tinggi yang difokuskan pada pembentukan keterampilan atau keahlian terapan. Proses pembelajaran pada program Pendidikan Diploma juga berbeda dengan program Sarjana. Kurikulum di dalam pendidikan diploma dirancang dengan muatan kuliah praktik yang lebih banyak. Hal ini sesuai dengan tujuan utamanya yaitu untuk membekali lulusan dengan keahlian terapan di bidang tertentu. Sedangkan sarjana menurut UU Dikti adalah pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat sehingga mampu mengamalkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui penalaran ilmiah.

Jika calon mahasiswa menginginkan lebih banyak praktik untuk mengasah keterampilan dan keahlian maka program diploma (vokasi) adalah pilihan yang tepat. Namun bagi sahabat thariq yang ingin mengembangkan kognitif, daya nalar dan pola pikir ilmiah dalam mengamalkan Ilmu pengetahuan maka pilihan yang tepat adalah program sarjana. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa diploma lebih menekankan kepada keterampilan praktis sedangkan sarjana lebih menekankan kepada pemahaman teoritis.

Diploma terdiri dari beberapa jenjang yaitu D1 (Gelar Ahli Pratama “AP”) , D2 (Gelar Ahli Muda “A.Ma”), D3 (Gelar Ahli Madya “A.Md”), D IV (Gelar Sarjana Terapan “S.Tr”). Namun untuk SNPMB 2024, Sahabat Thariq hanya dapat memilih jurusan-jurusan diploma dengan jenjang D3 dan DIV.

Baca juga : Pendaftaran SNBP 2024 Tinggal Menunggu Hari, Apa Saja Yang Harus Di Persiapkan Sahabat Thariq ?

Baca juga : Siaran Pers BP3 SNPMB 2024: Calon Mahasiswa Dapat Memilih Maksimal 4 Program Studi.

Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa antara diploma dan sarjana tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Sahabat Thariq bisa memilihnya sesuai dengan tujuan. Mudah-mudahan penjelasan ini dapat membantu sahabat thariq yang saat ini masih bimbang dalam memutuskan program studi yang akan dipilih. (fr)

KELUAR