Monday, 22 Jul 2024
  • Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Resmi Mendirikan Fakultas Kedokteran, Sahabat Thariq Sudah Tahu ?

Bekasi(11/05/2023)- Sahabat Thariq pasti sudah mengetahui jika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) selama ini dikenal sebagai kampus yang memiliki kecenderungan ke bidang ilmu kependidikan dan keguruan. Namun tanggal 6 Mei 2023 yang lalu UPI resmi mendirikan Fakultas Kedokteran.

Berdasarkan data dari LTMPT, prodi kedokteran masih menjadi salah satu dari 10 program studi yang paling banyak diminati. Berdirinya Fakultas Kedokteran UPI ini semakin meramaikan pilihan bagi calon mahasiswa baru yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke bidang kedokteran. Saat ini terdapat beberapa kampus dengan fakultas kedokteran terbaik yaitu UI, Unair, UGM, Undip, UNS, Unibraw, Unhas, Unpad, Unand, dan Universitas Jember.

Fakultas Kedokteran UPI resmi didirikan berdasarkan izin lembaga konsil kedokteran Indonesia (KKI). Kegiatan peresmian ini berlangsung di Gedung Fakultas Kedokteran UPI Bandung, Sabtu (6/05). KKI menilai bahwa UPI layak untuk membuka fakultas kedokteran dengan spesifikasi sport medicine and tourism. Hal ini sebagai upaya untuk mendukung gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) terutama dukungan bagi Atlit Indonesia.

Fakultas Kedokteran UPI juga bekerjasama dengan beberapa rumas sakit sebagai sarana untuk menunjang pendidikan. Diantaranya yaitu RS Polri Sarika Asih Bandung, RS Banyuasi Purwakarta, RS Olahraga Cibubur, serta Puskesmas dan Unit Pelayanan Kesehatan. Dalam sambutannya, Ketua Divisi Pendidikan KKI yaitu dr. Mariatul Fadilah, MARS, Ph.D, Sp.KKLP menyampaikan harapannya agar Fakultas kedokteran UPI nantinya mampu mencapai standar suatu Fakultas Kedokteran yang selama ini diterapkan. ” Fakultas Kedokteran ini bukan hanya untuk melengkapi jumlah dokter dan distribusi, melainkan juga mampu mengatasi masalah lokal”. imbuhnya.

Baca juga : Universitas Andalas Menyediakan 53 Prodi Di SNBT 2023, Sahabat Thariq Tahu Prodi Mana Saja Yang Sepi Peminat ?

Baca juga : 10 Universitas dengan Fakultas dan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, Mudah-mudahan bermanfaat bagi Sahabat Thariq semua. Terutama yang saat ini duduk di kelas 10 (sepuluh) dan 11 (sebelas) sebagai referensi dalam memilih program studi pada SNPMB yang akan datang. (fr)

Simak video : Peresmian Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

KELUAR