Monday, 22 Jul 2024
  • Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas

Thariq Motivation Camp Project SMAIT TBZ : Mengenal Kearifan Lokal Agar Terwujud Individu Yang Memiliki Kecakapan Sosial.

Bekasi(20/02)- SMAIT Thariq Bin Ziyad baru saja menyelesaikan kegiatan Thariq Motivation Camp Project (TMCP) dengan tema “Mengenal Kearifan Lokal” pada hari Rabu-Jum’at (15-17 Februari 2023). Kegiatan ini berlangsung di desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Konsep dari kegiatan ini yaitu menginap di rumah warga selaku orangtua asuh selama 3 hari 2 malam dan melakukan serangkaian aktivitas. Aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik kelas 10 sebagai target dalam kegiatan ini adalah langsung turun ke masyarakat dengan didampingi oleh perangkat desa.

Selama TMCP ini mereka melakukan aktivitas sosial diantaranya yaitu bakti ilmu dengan memberikan pengajaran serta bingkisan kepada siswa Sekolah Dasar, bakti masyarakat dengan membersihkan lingkungan sekitar sekolah dan musholla, kegiatan menanam tanaman bersama adik-adik siswa sekolah dasar, serta membuat kerajinan tangan sederhana yang dipandu oleh kakak-kakak kelas 10 SMAIT TBZ.

Simak video singkat : TMCP 2023 SMAIT TBZ

Selama menginap di rumah orangtua asuh, para peserta didik SMAIT TBZ juga dibiasakan menerapkan akhlak yang telah mereka pahami dan amalkan sebagaimana layaknya kepada orangtua sendiri. Mereka dibiasakan untuk membantu orangtua asuh bersih-bersih, menyiapkan sarapan serta mengikuti kegiatan orangtua asuh.

Barakallah para guru dan peserta didik kelas 10 SMAIT TBZ yang telah menyelesaikan kegiatan Thariq Motivation Camp Project (TMCP) 2023. Kegiatan ini sangat baik dan positif serta tentunya memberikan pengalaman dan nuansa yang baru bagi peserta didik. Dengan adanya kegiatan ini, peserta didik juga dapat mengenal budaya dan aktivitas yang berlaku di daerah yang berbeda dari yang mereka alami sebelumnya.

Baca juga : Achivement Motivation Training (AMT) SMPIT TBZ : Semangat Berbagi Sebagai Rasa Syukur Kepada Ilahi.

Mudah-mudahan kegiatan ini terus menjadi agenda rutin SMAIT TBZ, agar peserta didik tidak hanya mendapatkan ilmu yang bersifat formal dikelas namun juga ilmu sosial dengan terjun langsung ke masyarakat. (fr)

Simak video : LDKS dam MOPK 2022 SMAIT TBZ

KELUAR