Tuesday, 21 Mar 2023
  • Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas

Kemenag RI Rilis SPAN-UM PTKIN 2023, Berikut Syarat Dan Cara Daftarnya.

Bekasi (25/01/2023)- Kementerian agama RI baru saja merilis tiga jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk (UM), dan Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pada hari Jum’at (20/01/2023). Acara ini dihadiri langsung oleh Menteri Agama RI dan Staf di lingkungan Kemenag RI. Dalam sambutannya, Menteri agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan kepada para pimpinan perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri untuk tidak melakukan tindak kecurangan, koruptif, dan pungutan liar pada pelaksanaan SPAN dan UM PTKIN 2023.

Ketua Panitia Nasional SPAN РUM PTKIN, Imam Taufiq, menyampaikan bahwa ada dua jenis seleksi yang dibuka, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk (UM-PTKIN). SPAN PTKIN adalah seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN berdasarkan prestasi akademik. Peserta SPAN PTKIN adalah siswa sekolah/madrasah/pondok pesantren yang akan lulus pada tahun 2023. Untuk pendaftaran penerimaan melalui jalur SPAN PTKIN ini sama sekali tidak dipungut biaya.

Sedangkan UM-PTKIN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTKIN melalui tes yang dilaksanakan di PTKIN yang dipilih. Peserta UMPTKIN adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023, dan untuk pendaftaran UMPTKIN dikenakan biaya. Imam Taufiq yang juga Rektor UIN Walisongo, menyampaikan bahwa tahun ini terdapat 59 PTKIN yang menyelenggaraan UMPTKIN, terdiri atas 30 Universitas, 24 IAIN, dan 5 STAIN

Berikut adalah Tahapan penerimaan mahasiswa melalui jalur SPAN-PTKIN 2023 :

  1. Pendaftaran sekolah/madrasah/pondok pesantren (17 Januari-13 Februari 2023)
  2. Pendaftaran siswa (16 Februari-4 Maret 2023).
  3. Hasil seleksi akan diumumkan pada 3 April 2023

Syarat Pendaftaran SPAN PTKIN 2023 :

  1. Siswa Siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah kelas terakhir pada tahun 2023.
  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi.
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  4. Memiliki nilai rapor Kelas X/Semester 1, Kelas X/Semester 2, Kelas XI/Semester 1, Kelas XI/Semester 2 dan Kelas XII/Semester 1 yang telah diisikan di PDSS.

Seluruh proses pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara online melalui aplikasi Pusaka Kemenag. Aplikasi ini bisa diunduh di playstore (Android) dan App Store (iOS).

Cara mendaftar dengan memilih dan jumlah program studi atau jurusan SPAN PTKIN 2023 :

1. Siswa pelamar memilih 2 (dua) PTKIN yang diminati
2. Siswa pelamar memilih 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN
3. Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Tahap pendaftaran SPAN PTKIN 2023 :

  1. Cek NPSN
  2. Registrasi akun sekolah, yakni cek data sekolah siswa input email sekolah email kepala sekolah no WhatsApp kepala sekolah.
  3. Validasi akun, yakni ketika validasi akun akan dikirim ke email sekolah dan kepala sekolah
  4. Login sekolah dilakukan melalui pdss.ptkin.ac.id
  5. Cek data siswa meliputi cek data siswa kelas 12 dan input nilai siswa serta KKM
  6. Tahap pendaftaran selesai Melalui sistem, Panitia Nasional membuat pemeringkatan siswa berdasarkan Kualitas Siswa (nilai rapor, prestasi lainnya). Kemudian kualitas Sekolah (Akreditasi, index daftar ulang) dan Indeks kewilayahan untuk siswa yang berasal dari daerah 3T.

Baca juga : News Update : Hai Sahabat Thariq, Berikut Jadwal SNPMB 2023. Cek Infonya Ya, Jangan Sampai Terlewat !

Baca juga : Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN, Menag: Jangan Lakukan Perilaku Koruptif

Peserta dapat mengecek kelulusan pada web https://pengumuman-span.ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran.

Demikian Informasi terkait syarat, cara mendaftar, dan tahap pendaftaran SPAN PTKIN 2023. Semoga bermanfaat bagi sahabat Thariq semua yang akan melanjutkan pendidikan ke PTKIN. (fr)

Simak Video : LIVE | Peluncuran SPAN-UM PTKIN Tahun 2023

KELUAR