Wednesday, 30 Nov 2022
  • Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas

Persiapkan Peserta Didik Menjadi Pemimpin, Unit SIT TBZ Mengadakan Latihan Kepemimpinan (LDKS) Dan Baris Berbaris.

Bekasi (23/08)- Kepemimpinan merupakan salah satu bagian yang penting dalam Islam dan tidak bisa ditinggalkan. Dengan adanya pemimpin, maka urusan umat akan teratur dan masyarakat dapat beraktivitas dengan normal karena adanya aturan yang berlaku. Pentingnya pemimpin dalam Islam dijelaskan dalam berbagai ayat Al-Qur’an dan hadis Nabi SAW. Seperti Hadis berikut :

إِذَا كَانَ ثَلاَثَةٌ فِي سَفَرٍ فَلْيُؤَمِّرُوا أَحَدَهُمْ

“Jika ada tiga orang bepergian, hendaknya mereka mengangkat salah seorang di antara mereka menjadi pemimpinnya.” (HR Abu Dawud dari Abu Hurairah).

Dalil Al-Qur’an pentingnya memilih pemimpin muslim :

لاَّ يَتَّخِذِ الْمُؤْمِنُونَ الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاء مِن دُوْنِ الْمُؤْمِنِينَ وَمَن يَفْعَلْ ذَلِكَ فَلَيْسَ مِنَ اللّهِ فِي شَيْءٍ إِلاَّ أَن تَتَّقُواْ مِنْهُمْ تُقَاةً وَيُحَذِّرُكُمُ اللّهُ نَفْسَهُ وَإِلَى اللّهِ الْمَصِيرُ

“Janganlah  orang-orang  mukmin  mengambil  orang-orang  kafir  menjadi  WALI (waly) pemimpin, teman setia, pelindung) dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah, kecuali karena (siasat) memelihara  diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa)-Nya, dan hanya kepada Allah kamu kembali.” (QS:  Ali Imron [3]: 28)

Karena pentingnya kepemimpinan dalam Islam, beberapa unit SIT TBZ mempersiapkan peserta didiknya untuk menjadi pemimpin masa depan dengan latihan dasar kepemimpinan (LDKS) serta baris berbaris. Beberapa karakter pemimpin yang menjadi rujukan bagi umat Islam sesuai dengan teladan dari Rasulullah SAW adalah Shiddiq, Amanah, Fathonah, Tabligh.

SMAIT TBZ mengadakan LDKS bagi peserta didiknya tanggal 27-29 Juli 2022 di Yon POM AD Jonggol, Jawa Barat. Kegiatan ini bertema ” Membangun jiwa kepemimpinan yang disiplin, tanggung jawab, dan berakhlakul karimah”. Dalam kegiatan ini, peserta didik SMAIT TBZ langsung dibimbing oleh anggota TNI untuk membentuk kedisiplinan dan tanggung jawab. Berbagai kegiatan diikuti oleh siswa-siswi SMAIT TBZ seperti latihan baris-berbaris, kekompakan, latihan fisik ringan, dan outbond.

Ditempat terpisah SDIT TBZ Pondok Hijau Permai (PHP) juga mengadakan latihan baris-berbaris bagi peserta didiknya. Kegiatan baris-berbaris ini berlangsung di lapangan SDIT TBZ PHP dengan dibimbing langsung oleh bapak dan ibu guru. Latihan baris-berbaris ini dilakukan untuk membentuk kekompokan serta kedisiplinan peserta didik. Selain baris-berbaris, sekolah juga mengadakan latihan menari bersama yang diikuti oleh siswa kelas 4. Berdasarkan data yang dihimpun Humas LPIT TBZ, kegiatan ini sangat antusias diikuti oleh siswa-siswi SDIT TBZ PHP baik kelas 4, 5 maupun kelas 6. (fr)

Baca juga : Wakil SIT Thariq Bin Ziyad Menjadi Juara 2 Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan Kabupaten Bekasi.

Baca juga : REFLEKSI 77 TAHUN INDONESIA MERDEKA DAN TANTANGAN PENDIDIKAN MASA DEPAN

” Sesungguhnya kepemimpinan merupakan sebuah amanah, dimana kelak di hari kiamat akan mengakibatkan kerugian dan penyesalan. Kecuali mereka yang melaksanakannya dengan cara baik, serta dapat menjalankan amanahnya sebagai pemimpin” (HR Muslim)

Simak video : LDKS dan MOPK 2022 SMAIT TBZ

KELUAR