Sunday, 25 Sep 2022
  • Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas

” Mencetak Generasi Yang Sholeh Dan Cerdas Bersama Al-Qur’an”, Wisuda Al-Qur’an 2022, SMAIT Thariq Bin Ziyad

SMAIT Thariq Bin Ziyad mengadakan acara Wisuda Al-Qur’an pada hari sabtu (26/03/2022). Wisuda Qur’an ini merupakan salah satu agenda besar yang ada di unit SIT Thariq Bin Ziyad. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada siswa-siswi SIT TBZ yang sudah berusaha menyelesaikan sertifikasi Al-Qur’an dalam kurun waktu satu tahun ajaran. Wisuda al-Qur’an juga sebagai bentuk penghargaan kepada ayah dan bunda yang sudah membersamai dan memotivasi putra-putrinya dalam menghafal Al-Qur’an.

Wisuda Al-Qur’an SMAIT TBZ tahun 2022 diikuti oleh 210 siswa-siswi dari kelas X sampai XII. Acara ini juga menghadirkan Ust. Hazbullah Undu sebagai pembicara dengan tema ” Mencetak generasi yang soleh dan cerdas bersama Al-Qur’an “.

Acara wisuda al-Qur’an ini di buka oleh MC yaitu Ust Dimas Auzan Rahman, S.pd. Kemudian dilanjutkan tasmi’ Qur’an yang dibawakan oleh siswa SMAIT TBZ yaitu M. Fatih Al-Ghifary. Setelah tasmi’ , acara dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan kepala sekolah SMAIT TBZ yaitu Ust. Hamdan, S.T dan Manajer Qur’an Ust. Efendi, Lc. Dalam sambutannya, Ust Efendi meyampaikan bahwa SIT TBZ menerapkan sistem SOS (Sustainability of Study) bagi peserta didiknya mulai dari TK hingga SMA. Program inilah yang menjamin kontinuitas peserta didik dalam tahsin dan tahfidz Qur’annya. Dengan adanya program SOS ini, setiap peserta didik yang mulai masuk ke TKIT TBZ sampai nanti SMAIT TBZ memiliki riwayat perkembangannya dalam tahfidz dan tahsin qur’an.

Ust Efendi juga menyampaikan pentingnya peranan guru qur’an dalam mengantarkan anak didiknya untuk hafal al-qur’an. ” Siswa-siswi SIT TBZ mampu menghafal al-qur’an tidak lepas dari bimbingan dan motivasi dari para guru yang memiliki kompetensi di bidang Al-Qur’an” ujar ust Efendi. ” Seringnya berinterkasi dengan Al-Qur’an terutama di bulan Ramadhan akan menjadikan anak cerdas seperti ilmuwan terdahulu yang sudah hafal qur’an sebelum usia baligh” tambahnya.

Di acara tausyiah wisuda yang disampaikan Ust Hasbullah Undu, beliau menyampaikan posisi al-qur’an bagi muslim ada 4 yaitu :

Al-Qur’an sebagai nikmat terbesar, Al-Qur’an adalah nikmat terbesar bagi manusia. Ketika seorang muslim sudah memposisikan qur’an sebagai nikmat maka dia akan menjaganya sampai akhir hayat. Sebagaimana firman Allah dalam surah Ar-Rahman : 2. Bahwa Al-Qur’an adalah Rahmat Allah yang paling agung dan Allah telah mengajarkannya kepada siapa yang Dia kehendaki.

Al-Qur’an sebagai sumber konstitusi umat islam, Al-Qur’an diturunkan Allah bagi manusia sebagai pedoman hidup. Ketika seorang muslim menjadikan al-qur’an sebagai sumber hukum dalam kehidupannya, insya Allah akan selamat dunia akhirat.

Al-Qur’an sebagai sumber kekuatan, jika umat islam ingin bangkit dari ketertinggalan maka cara utama yang harus dilakukan adalah kembali kepada Al-Qur’an. Sebagaimana yang tercatat dalam sejarah islam terdahulu bahwa ketika umat islam memiliki kekuatan yang terbatas namun karena memiliki keyakinan dan Al-Qur’an maka kekuatan yang terbatas tersebut dapat mengalahkan kekuatan besar yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Al-Qur’an sebagai sumber kemuliaan. Rasul SAW bersabda ” Sungguh Allah akan mengangkat (menuju kemuliaan) dengan Al-Qur’an ini suatu kaum dan dengan Al-Qur’an pula Allah akan menjatuhkannya (menuju kehinaan) kaum yang lain ” (HR Muslim).

Baca juga : “..Ahli Qur’an (Orang yang membaca dan menghafal qur’an). Mereka Adalah Keluarga Allah Dan Orang-orang yang Istimewa Bagi Allah (H.R Ahmad)”. Sertifikasi Qur’an Guru, Ust. Efendi, Lc

Setelah tausyiah oleh Ust Hazbullah Undu, acara dilanjutkan dengan prosesi wisuda. Masing-masing siswa naik ke panggung untuk menerima medali dan sertifikat. Dalam acara ini juga dibacakan 30 siswa-siswi SMAIT TBZ yang mendapatkan beasiswa dari LPIT TBZ karena berhasil sertifikasi qur’an lebih dari 3 juz.

Barakallah kepada SMAIT TBZ yang sudah melaksanakan wisuda Al-Qur’an ini dengan lancar. Selamat kepada siswa-siswi SMAIT TBZ yang di wisuda, semoga Allah berikan kemudahan dalam mempertahankan hafalannya. (fr)

KELUAR