Friday, 01 Mar 2024
  • Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas

Sudah Siapkah Kamu Mengikuti SBMPTN 2022 ? Berikut Ini Tips Memilih Kampus yang Tepat

Bagi siswa-siswi lulusan SMA/MA/SMK, dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah cita-cita mayoritas dari mereka. Hal ini didasari bahwa selain biaya yang relatif murah dan banyaknya beasiswa, yang terpenting adalah banyak perguruan tinggi negeri (PTN) yang memiliki kualitas diatas rata-rata. Bahkan beberapa PTN yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia masuk dalam jajaran Universitas Terbaik Dunia. Berikut adalah beberapa Universitas di Indonesia yang masuk 2000 Universitas terbaik dunia (versi webometrics 2021):

  1. Indonesia University/UI (Peringkat 649 Dunia)
  2. Universitas Gadjah Mada (Peringkat 859 Dunia)
  3. Universitas Brawijaya (Peringkat 956 Dunia)
  4. IPB (Peringkat 1028 Dunia)
  5. Universitas Airlangga (Peringkat 1097 Dunia)
  6. Universitas Sebelas Maret/UNS (Peringkat 1144 Dunia)
  7. ITS (Peringkat 1221 Dunia)
  8. Universitas Telkom (Peringkat 1410 Dunia)
  9. ITB (Peringkat 1550 Dunia)
  10. Universitas Lampung (Peringkat 1817 Dunia)
  11. Bina Nusantara University (Peringkat 1864 Dunia)
  12. Universitas Andalas (Peringkat 1966 Dunia)
  13. Universitas Hasanuddin (Peringkat 1981 Dunia)

Saat ini ada dua jalur umum yang biasa digunakan untuk menyeleksi calon mahasiswa PTN yaitu SNMPTN dan SBMPTN.

Tahun 2022 ini, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) baru ditutup tanggal 28 februari 2022. Sedangkan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 akan dibuka pada 23 Maret 2022. Berdasarkan persyaratan yang diterbitkan LTMPT, salah satu syarat peserta UTBK-SBMPTN 2022 adalah yang tidak lulus jalur SNMPTN tahun 2020,2021, dan 2022.

Selain itu, bagi siswa lulusan 2020 dan 2021 yang sudah memiliki akun, wajib membuat akun baru di tahun ini karena akun tahun lalu tidak berlaku lagi. Nah, sebelum SBMPTN 2022 dibuka, bagi siswa-siswi yang berencana mendaftar ke SBMPTN ada baiknya mengetahui tips memilih kampus yang tepat.

Berikut ini adalah tips memilih kampus yang tepat :

Menentukan Jurusan, Hal yang pertama dilakukan saat memilih kampus adalah menentukan jurusan. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat atau bakat. Karena dengan memilih program studi yang tepat, akan menentukan karier ke depan.

Memilih Kampus, pilihlah kampus terbaik sesuai kemampuan. Baik kemampuan kognitif maupun kemampuan finansial.

Melihat Kenyamanan Kampus, kenyamanan kampus harus menjadi salah satu pertimbangan karena akan menjalani pendidikan selama lebih kurang 4 tahun

Fasilitas Kampus, kampus yang dipilih hendaknya memiliki fasilitas/sarana yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain : Perpustakaan, Laboratorium, sarana olahraga, asrama kampus, dll

Lokasi Kampus, lokasi kampus juga penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi biaya hidup serta kenyamanan.

Organisasi Kampus, hal ini juga penting untuk diperhatikan karena mahasiswa hendaknya tidak hanya kuliah namun juga harus meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan kampus seperti berorganisasi agar bertambah luas wawasan, pengalaman, relasi, serta mengasah minat dan bakat.

SMAIT Thariq Bin Ziyad adalah salah satu sekolah di Kabupaten Bekasi yang fokus mempersiapkan siswa-siswinya agar lulus di perguruan tinggi yang menjadi cita-cita mereka. Data menunjukkan bahwa setiap tahunnya jumlah siswa-siswi yang diterima di perguruan tinggi negeri dari SMAIT Thariq Bin Ziyad terus mengalami tren peningkatan yang signifikan baik dari jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Data tahun 2021 menunjukkan 57,73% siswa SMAIT TBZ lulus di PTN dan PTLN, artinya 3 dari 5 orang siswa lulus PTN dan PTLN. Sedangkan siswa lainnya memilih sekolah tinggi kedinasan yang juga dimiliki oleh institusi negara seperti : IPDN, STAN, STIS, dan lain-lain.

Mudah-mudahan dengan tips yang diberikan ini dapat memberikan informasi dan masukan bagi siswa SMA khususnya kelas 12 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. (fr)

Post Terkait

4 Feb 2024

Info PPDB

0 Komentar

KELUAR