Man Jadda wa Jada

Man Jadda wa Jada

Man Jadda wa Jada. Kalimat yang singkat namun sangat dalam maknanya. Itu yang terjadi padaku. Cerita berawal ketika aku diminta mewakili SMA-IT Thariq Bin Ziyad untuk mengikuti lomba desain grafis di UPI, Bandung. Sebenarnya kelas XII di semester 2 ini tidak diperkenankan lagi mengikuti lomba-lomba oleh sekolah karena sudah mendekati UN dan SNMPTN, kalaupun nekat ikut lomba harus seizin orang tua. Alhamdulillah orang tuaku sangat mendukung karena desain menjadi jurusan favoritku saat kuliah nanti.

Aku harus membuat desain ilustrasi sesegera mungkin karena waktu pengumpulan karya tinggal enam hari lagi. Jujur aku tidak pernah membuat karya ilustrasi sebelumnya, apalagi dilombakan?? Tema lomba sudah ditentukan, yaitu “Design your 8th Sky”. Dengan segala kemampuan yang kumiliki, akhirnya aku berhasil membuat ilustrasi selama lima hari. Ilustrasinya kuberi judul “Up to 8th Sky”. Setelah selesai, sekolah mengirimkan karyaku beserta karya temanku, Faris, ke Bandung untuk diseleksi. Sepuluh hari kemudian, hasilnya keluar di website UPI dan Alhamdulillah nama Ishmah Afifah dari SMA-IT Thariq Bin Ziyad Bekasi, bertengger diurutan teratas.

Subhanallah, karyaku telah mengalahkan 80 kontestan se-Jawa Barat. Faris pun masuk ke urutan ke-10 dari 80 peserta itu. Rasanya seperti tak percaya sekolah kami yang baru berumur lima tahun sudah bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang bergengsi se Jawa Barat. Perjuangan belum berakhir. Lima besar terbaik akan diundang ke UPI Bandung untuk mempresentasikan karyanya di babak final.

Persiapan dan latihan lebih intensif kujalani dengan bimbingan Ibu Sri Widianti, guru TIK ku dan Bapak Nono Ariyandi, Kepala Sekolahku. Kali ini aku tidak hanya harus membuat design grafis yang bagus tapi juga harus membuat slide presentasi yang menarik. Dan alhamdulillah di tengah-tengah kesibukanku di kelas XII aku bisa menyiapkannya tepat waktu.

Pagi hari yang sejuk…… Kamis, 21 Februari 2013, aku berangkat sekolah lebih awal dengan membawa perlengkapan lomba yang sudah kusiapkan. Sambil menunggu mobil datang, Bu Rahayu, Waka Kesiswaanku, dan teman-teman sekelasku yang juga sudah datang lebih pagi membantuku menguji coba presentasi terakhir di depan teman-teman. Masukan dan arahan dari teman-teman dan guru menambah bekalku. Pukul 7.10 akhirnya aku meluncur ke Bandung ditemani guru pendampingku, Ibu Sri Widianti dan Bapak Kepala Sekolah, Pak Nono Aryandi. Sesampainya di UPI, Bandung, kami daftar ulang. Sambil menunggu waktu presentasi, aku mempersiapkan diri dan sedikit latihan presentasi lagi dengan guru pendampingku. Siang hari yang terik, perasaan deg-degan, kerongkongan yang kering, dan perut yang keroncongan, tidak menggoyahkan shaumku hari itu. Doa kulantunkan selepas sholat kutunaikan. Saatnya pun tiba, dengan urutan maju presentasi ke-5, sempat membuatku lelah menunggu. Akhirnya, di dalam gedung BPU yang besar itu, namaku dipanggil oleh MC. Aku naik ke atas panggung, berdiri di samping layar infocus yang sangat lebar dengan ratusan orang duduk dihadapanku. Tiga juri duduk di kursi khusus siap menilai presentasiku. Dua juri adalah mahasiswa, dan satu juri adalah dosen. Bismillah….. Dengan penuh percaya diri, aku memulai presentasiku. Setelah selesai, tibalah saatnya juri berkomentar. Alhamdulillah komentar-komentar juri sangat positif.

Tidak lama kemudian, saatnya pengumuman pemenang lomba. MC membacakan nama pemenang dimulai dari juara tiga hingga juara pertama. Juara ketiga dan kedua ternyata diduduki oleh peserta SMA dari Bandung. “Dan.… Juara pertama diduduki oleh peserta dari Bekasi… Ananda Ishmah Afifah dari SMA-IT Thariq Bin Ziyad..!!”, teriak MC. Alhamdulillah….. Terimakasih yaa Allah.. Kau berikan aku juara pertama lomba desain grafis ini. Dahaga berubah bahagia, penat menjadi semangat. Aku diberi sebuah trophy dan sertifikat kemudian berfoto di atas panggung megah itu. Aku sangat senang dan bersyukur kepada Allah SWT. Kuucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas segala doa dan dukungan dari orang tua, guru-guru, dan teman-teman Diversity (Angkatanku, kelas XII IPA SMA IT Thariq Bin Ziyad) tentunya. Hari ini adalah hari bersejarah untukku. Aku tidak akan melupakan dan akan terus mengingatnya hingga menjadi motivasi untuk berkarya dan terus maju. Perjuanganku hari itu kututup dengan buka puasa dan sholat maghrib berjama’ah. Sepanjang perjalananku pulang….. terbayang orang-orang yang selalu memotivasiku. “Kudapatkan ilmu ketika kenyang…… Namun, kudapatkan lebih ketika lapar” Yaa Allah……berkahi dan ridhoilah usahaku ini. Aamiin.

Kebahagiaan masih berlanjut, selain mendapatkan Thropy, sertifikat, dan dana pembinaan dari panitia, ternyata ketika hari Senin, 25 Februari 2013, saat muhadhoroh, kejuaraanku diumumkan di depan teman-teman disertai hadiah penghargaan tambahan dari LPIT Thariq Bin Ziyad. Puji syukur hanya milik Allah SWT yang telah memberiku keberkahan yang luar biasa 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *