Kurikulum

KURIKULUM
Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum keterpaduan antara Kurikulum Nasional dan Kurikulum Islam Terpadu. Kurikulum Nasional merupakan kurikulum yang berlaku dan ditetapkan di Indonesia sesuai dengan keputusan Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) yang berlaku saat ini. Sedangkan Kurikulum Islam Terpadu merupakan kurikulum yang memadukan nilai-nilai keIslaman dalam setiap pembelajaran yang dilakukan baik dari segi metodeologi mau pun sistem pengajaran. Sehingga tertanam nilai-nilai keIslaman yang dalam diri peserta didik tidak hanya disekolah tetapi dalam kehidupan sehari-hari.

PROGRAM PENDUKUNG AKADEMIK
Persiapan UN dan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PT), Program ini mempersiapkan peserta didik untuk bisa sukses UN dan masuk PT sesuai dengan minta dan bakat. Program ini terdiri dari Pendalaman Materi, Try OUT UN dan SNMPTN berkala, Tes Minat dan Bakat, Kunjungan ke PT, Pelatihan Motivasi, Konsultasi karier secara berkala.

PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI
Program ini bertujuan untuk mengelola, mengembangkan serta memberdayakan kemampuan peserta didik baik kemampuan pribadi atau sosial dengan melalui kegiatan Pramuka, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), OSIS, Thariq Observation Camp Project (TOCP) dan kegiatan lainnya yang mendukung seperti :

Tahsin dan Tahfidz Qur’an, program ini mengantarkan peserta didik menuju penguasaan membaca dan menghafal Al-Qur’an yang secara berkala dilakukan proses pengujian setiap level (juz) dan yang telah lulus akan mendapatkan sertifikasi Quran sebagai tanda kelulusan.
MAIS (Mentoring Agama Islam), Program pembinaan peserta didik ini ditujukan agar peserta didik terbina dan terpantau dalam menjalankan nilai-nilai keIslaman yang terdiri dari Liqo Tarbawiyah, Jalasah Ruhiyah, Mabit (Malam Bina Iman dan Takwa).

PROGRAM EKSTRAKURIKULER, program yang bertujuan mengembangkan minta dan bakat peserta didik dalam bidang keterampilan yang kegiatannya disesuaikan dengan minat dan Bakat peserta didik diantaranya Futsal, Basket, Badminton, Mendayung, Bahasa Jerman, Melukis dan Kaligrafi Islam, Information Technology (IT) Club, Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Fotografi Club.

PROGRAM PENDIDIKAN
Guna menyongsong perkembangan ke arah persaingan global maka SMA-IT Thariq Bin Ziyad mulai Tahun Pelajaran 2013/2014 membuka 2 (dua) program pendidikan yaitu :
1. Kelas SSN (Sekolah Standar Nasional)
2. Kelas Persiapan Internasional International Preparation (IP)